Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPRAANGGAPAN PADA BAHASA SPANDUK IKLAN SARI LAUT DI KOTA PALU
Nama: SARINA J. GENTE
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sarina J. Gente, (2021), Praanggapan Pada Bahasa Spanduk Iklan Sari Laut di Kota Palu, Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Ali Karim Spanduk merupakan salah satu media informasi yang berbentuk cetakan untuk melakukan promosi bagi sebuah produk atau jasa. Namun seiring dengan perkembangan zaman, begitu banyak istilah-istilah unik yang digunakan diberbagai tempat, misalnnya pada spanduk iklan warung makan. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian agar orang-orang tertarik untuk datang. Namun sebelum orang tersebut benar-benar tahu dan memahami makna dari istilah-istilah unik tersebut, mereka pasti memiliki praanggapan yang berbedabeda yang bisa saja salah dalam menanggapi bahasa iklan pada spanduk tersebut.Fokus Permasalahan dalam penelitian ini ialah apa saja jenis praanggapan yang ditimbulkan dari bahasa spanduk iklan warung makan sari laut di kota Palu? Tujuan pada penelitian ini adalah Memaparkan jenis praanggapan pada bahasa spanduk iklan warung makan sari laut di kota palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, ditemukan bahwa praanggapan pada bahasa spanduk iklan sari laut di Kota Palu, meliputi : (1) praanggapan eksistensial, (2) praanggapan faktif, (3) praanggapan Leksikal, (4) praanggapan non-faktif. Kata kunci : Praanggapan, Bahasa, Spanduk, Iklan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up