JudulKESANTUNAN BERBAHASA GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU |
Nama: MUHAMMAD RIATMAN LOLO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Kesantunan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Skripsi. Gelar sarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Di Bawah Pengawasan Syamsuddin. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan fungsi kesantunan berbahasa dalam proses belajar mengajar guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Al-A zhar Mandiri Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan fungsi kesantunan berbahasa yang terjadi dalam interaksi guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Al-A zhar Mandiri Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah kesantunan berbahasa yang dihasilkan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al-A zhar Mandiri Palu. Berdasarkan data yang ditemukan berupa kesantunan berbahasa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al-A zhar Mandiri Palu maksim kebijaksanaan 3 data, maksim kedermawanan 2 data, maksim apresiasi 4 data, maksim konsensus 5 data dan maksim simpati 4 data. Fungsi kesantunan berbahasa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al-A zhar Mandiri Palu perwakilan 6 data, direktif 4 data, dan ekspresif 7 data. Kesesuaian data bentuk dan fungsi kesantunan berbahasa guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Al-A zhar Mandiri Palu 35 data. Kata kunci : analisis kesantunan berbahasa, bentuk, fungsi |