JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI TOKOH DALAM CERITA DENGAN METODE INDUKSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: SAMSUL BAHRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK SAMSUL BAHRI, NIM. A11117026. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Teknik Pengandaian Diri sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Metode Induksi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palu. Skripsi, Program Studi Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Idris, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan teknik pengandaian diri dan metode induksi pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Palu, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri Palu yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Ebbut yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam satu siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tehnik pengandaian diri dan metode induksi dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas VIIG SMP Negeri 6 Palu dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses dibuktikan dengan hasil observasi rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran pada siklus I termasuk kategori cukup yaitu rata-rata 50%. Peningkatan hasil, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis cerpen pada siklus. Serta hasil menulis cerpen kondisi awal termasuk dalam kategori cukup setelah diberi tindakan pada siklus I hasil menulis cerpen meningkat dengan rata-rata 73,7 yang meningkat dari kondisi awal saat observasi. Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Siswa, Tehnik Pengandaian Diri, Metode Induksi, Menulis Cerpen. |