JudulNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA |
Nama: MEGA SRIJULIANI LUNTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Mega Srijuliani Lunta, (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ida Nur’aeni. Permasalahan dalam penelitian ini nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pembanding penelitian lain dan menambah wawasan tentang keberadaan suatu karya sastra berupa novel yang memuat tentang pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskriptif kualitatif, metode ini mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ayah Karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis), dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan 14 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata yang meliputi nilai pendidikan karakter religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif senang bersahabat atau proaktif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Novel Ayah |