JudulNILAI EDUKASI DALAM NOVEL RENTANG KISAH KARYA GITA SAVITRI DEVI |
Nama: SRI HELDAYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK SRI HELDAYANTI, 2021 Nilai Edukasi dalam Novel Rentang Kisah Karya Gita Savitri Devi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Efendi M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai edukasi dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data atau metode deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Objek yang menjadi sarana penelitian ini adalah novel yang berjudul Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi, berjumlah 216 halaman. Data dan sumber data yang digunakan yaitu diperoleh dari teks novel Rentang Kisah karya gita Savitri Devi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka dan teknik catat. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai-nilai yang terdapat pada novel Rentang Kisah adalah nilai edukasi religi memiliki lima varian yaitu; beriman, ikhlas, pasrah diri, taat pada perintah dan bersyukur. Nilai edukasi moral memiliki tujuh varian yaitu; menghargai anggota keluarga, mengasihi anak, penghargaan diri, pengembangan diri, kerja keras, berbakti kepada orang tua, dan cinta tanah air. Nilai edukasi sosial memiliki tiga varian yaitu; perhatian dan peduli terhadap sesama, tanggung jawab, berteman. Nilai edukasi budaya memiliki satu varian yaitu; sistem pendidikan. Kata Kunci : Nilai Edukasi, Novel Rentang Kisah ? |