JudulNilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye |
Nama: FATRIQ WULANDARY DJAELANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fatriq, 2020. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si. Permasalahan pada penelitian ini nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan penambah wawasan yang sangat penting dalam rangka perbaikan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya apresiasi sastra dalam menentukan nilai pendidikan karakter dalam novel. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, metode ini mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delsia Karya Tere Liye. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan 15 nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye yang meliputi Nilai pendidikan karakter Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye |