JudulPROBLEMATIKA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMIK |
Nama: RINALDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rinaldi, 2022. Problematika Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemik. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Kata Kunci: Problematika, Guru Bahasa Indonesia, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana problematika guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemik , dan (2) bagaimana solusi pemecahan masalah bagi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemik. Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah (1). mendeskripsikan problematika guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemik. (2). mendeskripsikan solusi pemecahan masalah bagi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi kualitatif. Jenis penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Ampibabo dan SMP Negeri 1 Ampibabo di Desa Ampibabo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Data hasil evaluasi dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Akses jaringan internet yang tidak mamadai selama proses pembelajaran daring berlangsung. (2) Guru “Debt collector” yaitu dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara daring, guru hanya memberikan tugas- secara terus menerus dan menagih tugas pada saat waktu yang telah ditentukan. (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru masih gagap dalam penguasaan teknologi sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran daring masih sulit memilih aplikasi yang relevan dan cara mengajar masih belum bervariasi. (4) Pelaksanaan pembelajaran daring sangat mempengaruhi kondisi psikis siswa di mana dalam pembelajaran daring siswa tersebut mengalami kebosanan dan malas mengikuti pembelajaran. Adapun solusi praktis guru dalam menerapkan pembelajaran daring yakni dengan menerapkan pembelajaran secara luring dengan mengunjungi dari rumah kerumah di mana dalam proses pembelajaran luring siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran dibandingkan pembelajaran daring yang tidak dapat terlaksana secara efektif. |