JudulKEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI MORAL TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP N 19 PALU |
Nama: AKBAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Akbar, 2020. “Kemampuan Memahami Nilai Moral Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP N 19 Palu”. Hasil. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pratama Bayu Santosa. Kata kunci : kemampuan siswa memahami nilai moral teks cerita fabel Penelitian ini berjudul “Kemampuan Memahami Nilai Moral Teks Cerita Fabel Siswa kelas VII SMP N 19 Palu”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu dalam hal memahami pesan moral teks fabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 19 Palu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 117 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII SMP N 19 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah memberikan soal teks cerita fabel. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMP N 19 Palu memahami nilai moral pada teks cerita fabel 0,055, atau masih dalam kategori kurang. Nilai tertinggi berdasarkan hasil penelitian adalah 85, nilai terendah adalah 25. Berdasarkan klasifikasi penilaian hal ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa Kelas VII SMP N 19 Palu memahami nialai moral pada teks cerita fabel berada dalam kategori kurang dan masih memerlukan peningkatan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa kelas VII SMP N 19 Palu sebagian sudah mampu memahami nilai moral pada teks cerita fabel, namun perlu ditingkatkan kembali minat belajar siswa agar secara keseluruhan dapat memahami nilai moral pada teks cerita fabel. |