JudulKEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTS DDI TINIGI TOLI-TOLI DENGAN METODE LATIHAN |
Nama: WIWI KURNIASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Wiwi Kurnia Sari, 2020. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII MTs DDI Tinigi Toli-Toli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Dr. Sitti Harisah, S.Ag., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VII MTs DDI Tinigi Toli-Toli. Tujuan penelitian ini untuk mengtahui kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VII MTs DDI Tinigi Toli-Toli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, melalui pendekatan survai. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VII MTs DDI Tinigi Toli-Toli. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan membaca pemahaman.Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil akhir penilaian menunjukan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTs DDI Tinigi Toli-Toli termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa kelas VII A MTs DDI Tinigi Toli-Toli sebesar 65.41 berada di bawah standard Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditentukan. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca, Pemahaman. |