JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMPN 18 MODEL SPMI PALU |
Nama: SYULFANA ZAINUDIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Syulfana Zainudin, 2021. Kemampuan menulis teks prosedur siswa SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ahmad Syam. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu dalam menulis teks prosedur? Tujuan yang akan dicapai yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu dalam menulis teks prosedur. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks prosedur, subjek dalam penelitian ini kelas VII A. Berdasarkan hasil akhir yang diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu diketahui nilai rata-rata 65 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis teks prosedur adalah 61,25 dan persentase ketuntasan belajar adalah 39,27%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu dinyatakan belum mampu dalam menulis teks prosedur. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Prosedur |