JudulKesantunan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas VII E Smp Negeri 9 Palu |
Nama: SUSISUSANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Susisusanti, 2020. Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII E SMP Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Falkutas Keguran dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Dr. Moh. Tahir, M. Hum. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII E SMP Negeri 9 Palu. Dan bagaimana fungsi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII E SMP Negeri 9 Palu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII E SMP Negeri 9 Palu. Metode yang di gunakan yaitu metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah teknik rekam dan teknik simak catat. Analisis data dalam penelitian ini adalah menganalisis semua data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kesantunan berbasaha dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII E SMP Negeri 9 Palu menggunakan 6 (enam) bentuk maksim, meliputi (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim penerimaan, (3) maksim kemurahan, (4) maksim kerendahan hati, (5) maksim kecocokan, dan (6) maksim kesimpatian. Fungsi kesantunan meliputi (1) fungsi representative, (2) fungsi direktif, (3) fungsi ekspresif, dan (4) komosif. Hal ini dibuktikan dari sumber data yang diperoleh yaitu sebanyak 12 data. Kata Kunci: kesantunan berbahasa, bentuk, bungsi. |