JudulKEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN GAGASAN UTAMA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sri Wahyuni. 2021. Kemampuan Siswa Menententukan Gagasan Utama pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas Tadulako. Pembimbing Gusti Ketut Alit Suputra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa menentukan gagasan utama pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menentukan gagasan utama pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 32 orang siswa. Hasil evaluasi yang diperoleh ketuntasan individual terdapat 11 orang siswa dinyatakan tuntas dan 21 orang siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 50 dengan perolehan nilai rata- rata 69,37 dengan nilai ketuntasan adalah 75. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu belum berhasil dalam menentukan gagasan utama pada teks laporan hasil observasi. Kata Kunci : kemampuan, menentukan, gagasan utama , teks laporan, hasil observasi |