Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU MEMAHAMI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM CERITA RAKYAT DANAU TOBA
Nama: RAY GURNANDY KONDO
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK RAY GURNANDY KONDO, 2020. Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu Memahami Nilai Sosial Cerita Rakyat Danau Toba. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Drs. Pratama Bayu Santosa, M.Si. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Memahami Nilai Sosial Cerita Rakyat Danau Toba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu Memahami Nilai-nilai Sosial Dalam Cerita Rakyat Danau Toba. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan evaluasi. Sampel dalam penelitian ini kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Data kemampuan siswa yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus: M= ?. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian dan kriteria ketuntasan maksimal (KKM) di kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu pada pelajaran bahasa Indonesia yaitu 75. Hasil dari penelitian ini telah diperoleh nilai rata-rata siswa dalam memahami nilai sosial cerita rakyat Danau Toba yaitu 60,4. Sehingga penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa siswa kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu belum mampu menentukan nilai sosial cerita rakyat Danau Toba. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa yang belum mencapai nilai standar KKM yang ditentukan. Kata Kunci : Memahami, nilai sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up