JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SQ3R DALAM MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN TEKS BERITA DI SMPN 19 PALU |
Nama: NURTINA H. USMAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nurtina H. Usman, 2019. Efektivitas Penggunaan Metode SQ3R dalam Membaca Intensif Menggunakan Teks Berita di SMPN 19 Palu; Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Gusti Ketut Alit Saputra . Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas penggunaan metode SQ3R dalam membaca intensif menggunakan teks berita di SMP 19 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode SQ3R dalam membaca intensif menggunakan teks berita di SMP 19 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Observasi, 2) evaluasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa membaca intensif menggunakan teks berita baik. Terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIIIC yaitu 87.7 dikategorikan baik sesuai dengan KKM. Demikian pula hasil persentase rata-rata pada siswa kelas VIIIC yaitu 99,8%, hal ini mengalami peningkatan pada pemahaman siswa dalam membaca intensif menggunakan teks berita. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R sangat efektif diterapkan dalam membaca berita pada siswa kelas VIIIC di SMP 19 Palu. Kata Kunci : Metode SQ3R, Membaca Intensif, Teks Berita |