Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN TEKNIK TAYASI DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PALASA
Nama: NURHIDAYAH
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nurhidayah, 2020. Penerapan Teknik Tayasi dengan Bantuan Media Audio Visual dalam Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VII SMA Negeri 1 Palasa. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yunidar. Kata Kunci: Teknik Tayasi, Media Audio Visual, Menulis, Teks Berita. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan teknik tayasi dengan bantuan media audio visual dalam menulis teks berita oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa, dan (2) bagaimanakah hasil penerapan teknik tayasi dengan bantuan media audio visual dalam menulis teks berita oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah (1). mendeskripsikan penerapan teknik tayasi dengan bantuan media audio visual dalam menulis teks berita oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa. (2). mendeskripsikan hasil penerapan teknik tayasi dengan bantuan media audio visual dalam menulis teks berita oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi kuantitatif dan kualitatif pre-experimental atau pra ekperimen. Jenis penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa yang berjumlah 26 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa tes menulis keterampilan menulis teks berita, sedangkan teknik nontes terdiri atas observasi, jurnal guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi yang berupa foto. Data hasil evaluasi dianalisis dengan menggunakan rumus mean/rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa dalam menulis teks berita dengan menggunakan teknik tayasi berbantuan media audio visual adalah 80,26. Apabila nilai rata-rata tersebut dimasukkan kedalam interval penilaian, terdapat pada rentang skor 70-84. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik tayasi dengan bantuan media audio visual dalam menulis teks berita oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa dengan berdasarkan aspek kelengkapan isi berita mengandung enam unsur berita (apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana), keruntutan pemaparan (isi urut dan mudah dipahami), penggunaan kalimat (singkat dan jelas), kosakata yang digunakan dalam menulis teks berita, kemenarikan judul, ketepatan penggunaan ejaan dalam berita adalah baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik tayasi dengan bantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil nilai rata-rata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palasa dalam menulis teks berita.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up