JudulPengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Labschool UNTAD Palu |
Nama: NOVITA SALWA PRATIWI YAMIN |
Tahun: 2019 |
Abstrak Novita Salwa Pratiwi Yamin, 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Labschool UNTAD Palu.. skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. Sahrudin Barasandji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa SMP Labschool UNTAD Palu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool UNTAD Palu tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen, desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas control. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan nontes, tes berupa soal yang bebentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal dan angket respon siswa berupa pernyataan sebanyak 15. Sedangkan nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa aspek afektif dan psikomotor. Hasil rata-rata pengolahan data nilai pretest yang didapatkan di kelas eksperimen yaitu 10,5 dan nilai posttest 14,1 sedangkan nilai rata-rata pretest 9,1 dan 12,5. Berdasarkan analisis data ke dua kelompok menggunakan uji-t diperoleh t_(hitung )= 1,71 dan t_(tabel ) pada taraf sinifikan (? = 0,05) sebesar 1,68 dengan kriteria jika t_(hitung )> t_(tabel ), maka H_(a )diterima dan H_0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa SMP Labschool UNTAD Palu. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia |