JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 BULU TABA MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN LATIHAN TERBIMBING |
Nama: NI KOMANG NOVA HANDAYNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ni Komang Nova Handayani 2019. Judul ?Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Bulu Taba Menulis Teks Deskripsi dengan Latihan Terbimbing?. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1)Gusti Ketut Alit Suputra, Pembahas (1) Syamsuddin, dan Pembahas (II) Laode Baisu. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bulu Taba dalam menulis teks deskripsi? Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bulu Taba dalam menulis teks deskripsi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil mengerjakan tes yang diberikan di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang meliputi dua tahap yaitu: (I) teknik pengumpulan data, (2) teknik analisis data. Data yang diperoleh dari hasil evaluasi menulis teks deskripsi siswa kelas VII diperoleh kriteria nilai tertinggi 96 sedangkan nilai terendah 70. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bulu Taba adalah 76,42 Maka siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bulu Taba dikategorikan sudah berhasil karena sudah mampu menulis teks deskripsi. Hasil diatas menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 02 Bulu Taba berhasil dengan baik dan telah melampaui target kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Deskripsi, Latihan Terbimbing. |