JudulTindak Tutur Imperatif Guru Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu |
Nama: MIRDAYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Mirdayanti, 2020. Tindak Tutur Imperatif Guru Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Ali Karim, M.Hum. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk imperatif tindak tutur guru terhadap siswa di SMP Negeri 19 Palu, (2) Bagaimana fungsi tuturan guru terhadap siswa di SMP Negeri 19 Palu, dan (3) Bagaimana strategi pada tindak tutur guru terhadap siswa di SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Bentuk imperatif tindak tutur guru terhadap siswa di SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian tindak tutur guru yang mengandung makna imperatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observas, rekaman serta teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep Miles dan Huberman meliputi: (1) reduksi data,(2) penyajian data,dan (3)penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk pemakaian tindak tutur imperatif guru terhadap siswa di SMP Negri 19 PALU meliputi (1) tuturan yang mengandung makna imperatif perintah,(2) permintaan,(3) desakan,(4) persilaan,(5) ajakan,(6) larangan,(7) harapan, sedankan 2) strategi tindak tutur imperatif guru terhadap siswa meliputi 1) strategi langsung dan 2) strategi tidak langsung.Strategi langsung meliputi (1) strategi langsung dalam bentuk perintah,(2) permintaan,(3) desakan,(4) persilaan,(5) ajakan, (6) larangan,(7) harapan, dan strategi tidak langsung meliputi (1) straegi tidak langsung dengan modus deklaratif, dan (2) straegi tidak langsung dengan modus interogatif. Kata Kunci : Bentuk Pragmatik Imperatif, Fungsi, Strategi. |