JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALU MENGUBAH TEKS ANEKDOT MENJADI NARASI |
Nama: KARMELIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Karmelia, 2019. Kemampuan Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Mengubah Teks Anekdot Menjadi Narasi. Skripsi, program studi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Syamsuddin, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu mengubah teks anekdot menjadi narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu mengubah teks anekdot menjadi narasi. Sumber data penelitian ini berasal dari teks anekdot yang diubah ke bentuk narasi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni teknik tes dengan memberikan teks anekdot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 siswa yang mengikuti tes tertulis, 10 orang yang dinyatakan tuntas dan 22 orang yang tidak tuntas. Dapat dibuktikan dengan hasil pencapaian nilai rata-rata yang diperoleh yakni 68,4. Adapun jumlah siswa yang tuntas pada teks karangan narasi berjumlah 10 orang siswa dengan persentase keberhasilan 31,25?n 22 orang siswa tidak tuntas dengan persentase keberhasilan 68,75% telah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) nilai rata-rata yaitu 75 dan ketuntasan klasikal 80% di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu belum mampu dalam mengubah teks anekdot menjadi narasi karena nilai siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dan kriteria ketuntasn klasikal 80%. Kata Kunci : Karangan narasi, teks anekdot |