JudulKEMAMPUAN SISWA MENGGUNAKAN TANDA BACA DALAM MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS SARJO |
Nama: JUMIATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam menulis teks berita siswa kelas VIII MTS Sarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam menulis teks berita siswa kelas VIII MTS Sarjo. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif, jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari menulis teks berita siswa kelas VIII MTS Sarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, dokumentasi, dengan menggunakan metode deskripsi. Sampel dalam penelitian ini adalah penskoran data nilai, perhitungan nilai ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam menulis teks berita siswa kelas VIII MTS Sarjo, mendapat nilai rata-rata secara keseluruhan untuk semua aspek penilaian yakni sebesar 76. Hasil pencapaian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam menulis teks berita siswa kelas VIII MTS Sarjo baik, namun bila dari aspek ketuntasan belajar klasikal, akan dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasiskal sebesar 83,33% karena terdapat 3 orang siswa yang memiliki nilai kurang dari standar ketuntasan minimal (KKM) 73. |