JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS VII MTSN 4 KOTA PALU MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM TEKS NARASI |
Nama: YULISKA AMALIA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Yuliska Amalia, 2019. Kemampuan Siswa Kelas VII MTSN 4 Kota Palu Menentukan Ide Pokok Paragraf dalam Teks Narasi. 2019, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Syamsuddin, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII MTSN 4 Kota Palu menentukan ide pokok paragraf dalam teks narasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah penskoran data nilai, perhitungan nilai ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Kemampuan siswa kelas VII MTSN 4 Kota Palu dalam menentukan ide pokok paragraf dalam teks narasi, mendapat nilai rata-rata secara keseluruhan untuk semua aspek penilaian yakni sebesar 48,22 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTSN 4 Kota Palu belum berhasil menentukan ide pokok paragraf dalam teks narasi. Bila dari aspek ketuntasan belajar klasikal, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 70?lum mencapai ketuntasan karena hanya terdapat 6 orang siswa yang memiliki nilai lebih dari standar ketuntasan minimal 75 (KKM). Kata Kunci : Kemampuan, ide pokok, teks narasi |