Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEMAMPUAN MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI PADA ARTIKEL SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PALU
Nama: INKA NABILA FRISKI LAHAY
Tahun: 2019
Abstrak
INKA NABILA FRISKI LAHAY. A11116139. Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini Pada Artikel Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Palu. Pembimbing : Dr. Gusti Ketut Alit Suputra, M.Hum. Pada sebuah artikel, kita akan menemukan fakta dan opini di dalamnya, fakta merupakan kenyataan atau peristiwa yang benar-benar ada atau terjadi, Sedangkan opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap sesuatu, biasanya dapat menjawab pertanyaan bagaimana atau mengapa. Dengan kemampuan menentukan fakta dan opini pada artikel dapat meningkatkan kemampuan intelektual peserta didik terhadap perkembangan masyarakat atau masalah-masalah yang ada di dalam masyarakat. SMA Negeri 1 palu termasuk dalam sekolah yang banyak diminati oleh calon peserta didik, dan juga terkenal sebagai salah satu sekolah unggulan yang terkenal dengan banyaknya prestasi, karena kualitas tamatan sekolah dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial. Sehingga peneliti tertarik dalam meneliti di SMA Negeri 1 Palu, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan siswa menentukan fakta dan opini? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskripti kuantitatif. Hasil Penelitian yaitu dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yang diperoleh melalui hasil evaluasi. Dengan acuan KKM yang menjadi standar nilai 80 untuk kelas XII di SMA Negeri 1 Palu, berdasarkan dari perhitungan nilai rata-rata yang diperoleh 71,75 belum mencapai indikator keberhasilan, berdasarkan persentase ketuntasan belajar siswa 14 orang siswa (35%) masuk kategori tuntas dan 26 orang siswa (75%) dikategorikan tidak tuntas. Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. sehingga dapat dikategorikan bahwa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Palu belum mampu menentukan fakta dan opini pada artikel. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru, faktor siswa, dan faktor sarana prasarana sekolah. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Membaca, Fakta dan Opini, dan Artikel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up