JudulKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: HIJRAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Hijrah, Stb. A 111 16 134, (2020). “Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Palu”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Laode Baisu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari hasil karangan menulis karangan narasi siswa kelas VII A SMP Negeri 15 Palu. Jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil siswa menulis karangan narasi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif berupa bahasa dan data kuantitatif berupa angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni (1) data kualitatif dengan membaca intensif, menandai dan mengelompokan. (2) data kuantitatif berupa tes tertulis, pemberian skor, dan kesimpulan. Hasil penelitian pada tes menulis karangan narasi belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75,00. Rata-rata yang diperoleh adalah 64,72 dengan presentase ketuntasan belajar 33, 33%, dengan nilai skor tertinggi yaitu 91 dan nilai terendah yaitu 46. Kata Kunci: kemampuan, menulis, karangan narasi, siswa. |