Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu
Nama: HARMAWATI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Harmawati, 2019. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Syamsuddin, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan media gambar siswa kelas XI jurusan kimia 4 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan media gambar siswa Kelas XI jurusan kimia 4 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pekerjaan siswa kelas XI jurusan kimia 4 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu yang terdiri atas 12 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 358 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dan terpilih kelas XI jurusan kimia 4 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni tekni evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 siswa yang mengikuti tes tertulis, 15 orang dinyatakan tuntas dan 6 orang yang dinyatakan tidak tuntas dapat dibuktikan dengan hasil pencapaian nilai rata-rata yang diperoleh yakni 75,29. Adapun jumlah siswa yang tuntas dalam menulis teks prosedur kompleks berjumlah 15 orang siswa dengan persentase keberhasilan 71,41?n 6 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 28,57% telah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) nilai rata-rata yaitu 70 dan ketuntasan klaksikal 70% di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu telah mampu dalam menulis teks prosedur kompleks karena nilai siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 dan kriteria ketuntasan klaksikal 70%. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Prosedur Kompleks, Media Gambar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up