Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALU
Nama: FITRIANI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK FITRIANI. A11116128. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palu.. Pembimbing : Sahrudin Barasandji. Keterampilan menulis adalah salah satu dari 4 (Empat) keterampilan berbahasa yang dapat menghasilkan karya tulis. Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran berbasis teks, salah satunya pembelajaran menulis teks prosedur. Peneliti memilih teks prosedur sebagai acuan penelitian karena teks prosedur merupakan pembelajaran teks awal bagi siswa kelas VII serta teks prosedur merupakan teks yang berisi tujuan dan langkah-langkah yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 2 Palu? Dan Faktor apa saja mempengaruhi kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 2 Palu?Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian yaitu, 29 orang siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Palu, sebanyak 22 orang siswa tuntas dan 7 orang tidak tuntas sesuai dengan KKM, nilai rata-rata siswa kelas VII B dalam menulis teks prosedur yaitu 78,96 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII sudah mampu dalam menulis teks prosedur. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru, faktor siswa, dan faktor sarana prasarana sekolah. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Menulis, Teks prsedur.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up