Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X MAN 2 PALU
Nama: MUH. MINTO
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Moh Minto, 2021. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa Kelas X MAN 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Saharudin Baradsandji. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bentuk kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa kelas X MAN 2 Palu?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada tugas Teks Negosiasi Siswa kelas X MAN 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari hasil Teks Negosiasi Siswa kelas X MAN 2 Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pemberian tes atau tugas Teks Negosiasi, pencatatan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka, diperoleh bentuk-bentuk kesalahan ejaan dalam penulisan tugas Teks Negosiasi Siswa kelas X MAN 2 Palu, yang meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf miring, penggunaan kata depan, penggunaan tanda baca titik dan penggunaan tanda tanya. Kesalahan ini disebabkan kurangnya pemahaman dan wawasan siswa tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar yang menjadi hal mendasar dalam pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dalam hal ini, siswa harus lebih ditanamkan pemahaman tentang tata cara menulis sebuah karangan terutama karangan Teks Negosiasi berdasarkan kaida-kaida ejaan yang disempurnakan. Kata Kunci: Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan, Teks Negosiasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up