JudulKesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Karangan Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu |
Nama: FITRAHANDAYANI PUTRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fitrahandayani Putri, 2019. Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing Laode Baisu. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk-bentuk kesalahan tanda baca dalam karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan persuasi SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini merupakana penelitian kualitatif dekskriptif, jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari karangan persuasi siswa SMP Negeri 6 Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, dokumentasi, pengamatan dan pencatatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesalahan-kesalahan penggunaan tanda baca dalam penulisan karangan persuasi siswa SMP Negeri 6 Palu yang meliputi kesalahan penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, penggunaan tanda hubung, dan penggunaan tanda garis miring. Kesalahan ini disebabkan karena faktor kurangnya pemahaman siswa tentang penggunaan tanda baca yang baik dan benar yang mendasari pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dalam hal ini, siswa harus dibekali tata cara menulis sebuah karangan menurut kaidah-kaidah dalam ejaan yang disempurnakan. Kata Kunci : Kesalahan Tanda baca, karangan Persuasi |