JudulPENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO SISWA KELAS XI IPA 1 SMA KARUNA DIPA PALU |
Nama: FARMAN R. SEMEN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Farman R. Semen, 2020. Penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran berpidato siswa selas XI IPA SMA Karuna Dipa Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Gusti Ketut Alit Suputra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran berpidato siswa kelas XI IPA 1 SMA Karuna Dipa Palu.. Tujuan peneliti untuk mendeskripsikan. penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran berpidato siswa kelas XI IPA 1 SMA Karuna Dipa Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data evaluasi dan pemberian tes menulis pidato objektif yaitu sebanyak 22 siswa, Berdasarkan hasil pembahasan dalam penerapan metode dalam berpidato diperoleh nilai rata-rata yaitu 79. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) di kelas XI IPA 1 SMA Karuna Dipa Palu pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu 75. sedangkan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang sehingga dapat disimpulan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Karuna Dipa Palu dinyatakan berhasil menerapkan metode pemodelan dalam berpidato. Kata Kunci: penerapan, metode pemodelan, teks berpidato. |