JudulTINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: AMALIA KARTIKA ASO |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Amalia Kartika Aso, 2019. Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran di SMA Labschool Untad Palu, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ali Karim, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk tindak tutur direktif apa saja yang terdapat dalam proses pembelajaran guru bahasa Indonesia di SMA Labschool Untad Palu? dan bagaimana fungsi tindak tutur direktif dalam proses pembelajaran guru bahasa Indonesia di SMA Labschool Untad Palu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam proses pembelajaran guru bahasa Indonesia di SMA Labschool Untad Palu dan mendeskripsikan fungsi tindak tutur direktif dalam proses pembelajaran guru bahasa Indonesia di SMA Labschool Untad Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik perekaman dan observasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif yang diperoleh dari informan yaitu guru bahasa Indonesia pada saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian terdapat 5 bentuk tindak tutur direktif yaitu bentuk perintah, permintaan, persilaan, ajakkan, dan larangan. Adapun terdapat 6 fungsi tindak tutur direktif yaitu fungsi perintah, persilaaan, ajakkan, nasihat, kritikkan, dan larangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindak tutur yang paling dominan digunakan adalah tindak tutur direktif bentuk perintah. Kata Kunci : Tindak Tutur, Direktif, Guru Bahasa Indonesia, Proses Pembelajaran |