Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGAYA BAHASA SLOGAN IKLAN PRODUK KECANTIKAN DI STASIUN TELEVISI TRANS TV
Nama: DEWI SARTIKA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji gaya bahasa slogan iklan produk kecantikan di stasiun televisi trans tv selama bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gaya bahasa yang dipakai dalam slogan iklan produk kecantikan di stasiun televisi. Sumber data yang digunakan ada 26 iklan kecantikan di stasiun televisi. Data penelitian ini berupa tuturan dan teks pada iklan produk kecantikan yang ditayangkan di stasiun televisi TRANS-TV, selama bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak dan catat, sedangkan analisisnya dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, identifikasi, dan pemaparan. Penelitian ini menggunakan teori semantik dan teori periklanan, khususnya yang berkaitan dengan gaya bahasa iklan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 jenis gaya bahasa yang dipakai dalam iklan produk kecantikan di televisi selama bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021. Kedelapan gaya bahasa itu adalah gaya bahasa repetisi (perulangan), gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa asonansi, gaya bahasa asindenton, gaya bahasa polisindenton, gaya bahasa erotesis, dan gaya bahasa koreksio. Secara urut gaya bahasa yang paling banyak dipakai dalam 26 iklan yang dianalisis adalah: pertama gaya bahasa hiperbola (12 iklan), kedua gaya bahasa erotesis (8 iklan), ketiga gaya bahasa gaya bahasa repetisi 6 iklan, gaya bahasa asonansi dan gaya bahasa polisindenton (5 iklan), keempat gaya bahasa personifikasi dan gaya bahasa asindenton memiliki hasil yang sama yaitu 4 iklan. kelima gaya bahasa koreksio (2 iklan). Dari 26 iklan yang dianalisis masing-masing memiliki ciri dan keunikan tersendiri dalam penayangannya, sesuai dengan fungsi dari masing-masing gaya bahasa yang digunakan, tetapi secara umum bermaksud untuk mencapai efek positif dalam mempromosikan produk yang diiklankan sehingga konsumen membeli dan menggunakan produk kecantikan yang diiklankan. Pemakaian gaya bahasa yang menarik dalam iklan sangatlah diperlukan untuk menunjang keberhasilan suatu produk yang ditawarkan. Kata kunci : gaya bahasa, iklan, slogan, kecantikan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up