JudulANALISIS KESALAHAN SINTAKTIS DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS X SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: SERLIANA SIRUMPA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Serliana Sirumpa, 2019. Analisis Kesalahan Sintaktis dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA Labschool UNTAD Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Syamsuddin, M. Hum Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaktis yang meliputi : (1) kesalahan sintaktis berupa frasa dalam lembar kerja peserta didik (LKPD) kelas X SMA Labschool Untad Palu (2) kesalahan sintaktis berupa kalimat dalam lembar kerja peserta didik (LKPD) kelas X SMA Labschool Untad Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah mengenai kesalahan penggunaan sintaktis dalam lembar kerja peserta didik (LKPD) kelas X SMA Labschool Untad Palu. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis digunakan teknik observasi tak berperan serta dan teknik catat. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: pertama, kesalahan sintaktis berupa frasa sebesar 20,12% meliputi: kesalahan penggunaan preposisi yang tidak tepat, ketidaktepatan struktur frasa, penggunaan unsur berlebih, dan penjamakan ganda dan kedua, kesalahan sintaktis berupa kalimat sebesar 79,88% meliputi: kalimat yang tidak bersubjek, kalimat yang tidak berpredikat, penggandaan subjek, antara predikat dan objek yang tersisipi, kalimat yang tidak logis, kalimat yang ambiguitas, penghilangan konjungsi, penggunaan konjungsi yang berlebihan, urutan yang tidak paralel, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu. Kata kunci : Kesalahan sintaktis, lembar kerja peserta didik |