JudulANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 3 PARIGI |
Nama: MOH.FACHRI DARMAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Moh. Fachri Darmawan. NIM A 111 16 071, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Judul Skripsi “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Negeri 3 Parigi“. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 Parigi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 Parigi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan telepon genggam sebagai media untuk merekam dalam metode simak dengan teknik sadap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru bahasa Indonesia yang menjadi subjek penelitian ini, banyak melakukan kesalahan berbahasa yaitu menggunaan bahasa Inggris, penghilangan dan penambahan bunyi huruf, perubahan bunyi huruf, penggunaan bahasa Daerahdan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan kata oleh guru tersebut yaitu, kesalahan penggunaan bahasa dalam bentuk kata dasar,penggunaan kata berimbuhan, penggunaan kata sisipan, penggunaan kata angka dan bilangan, penggunaan kata singkatan dan akronim, penggunaan kata ulang, penggunaan kata penggalan, penggunaan kata gabungan, dan penggunaan kata ganti. Bahasa yang diujarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia tersebut kata-katanya tidak sesuai dengan KBBI dan EBI. Kata kunci: analisis kata,variasi bahasa, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). |