JudulALIH KODE DALAM TUTURAN NONFORMAL PADA SISWA SMP NEGERI 3 PALU |
Nama: FITRI FEBRIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk alih kode dalam tuturan siswa SMP NEGERI 3 Palu (2) apa faktor penyebab terjadinya alih kode dalam tuturan siswa SMP NEGERI 3 Palu. Penelitian ini mengacuh pada teori yang dikemukakan oleh Jendral (dalam Chaer dan Agustina : 2014) tentang bentuk alih kode dan teori Chaer dan Agustina (2010) tentang faktor penyebab terjadinya alih kode. Tujuan dari Penelitian ini (1) mendeskripsikan bentuk alih kode dalam tuturan nonformal pada siswa SMP NEGERI 3 Palu (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi sampai terjadinya alih kode dalam tuturan nonformal pada siswa SMP NEGERI 3 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode model milles dan Huberman. Tahap analisis data model milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa bentuk-bentuk alih kode dalam tuturan siswa SMP NEGERI 3 Palu meliputi 1. alih kode ke dalam (internal code switching) ialah bahasa-bahasanya masih dalam ruang lingkup bahasa nasional, atau antara dialekdialek dalam suatu bahasa daerah, atau antara beberapa ragam dan gaya bahasa yang ada dalam dialek, 2. Alih kode ke luar (external code switching) ialah peralihan bahasa karena berubahnya situasi. Selanjutnya faktor faktor penyebab terjadinya alih kode pada siswa SMP NEGERI 3 Palu diantaranya Faktor penutur, kehadiran orang ke tiga, mengutip pembicaraan orang lain dan perpindahan topik. Kata Kunci : Alih kode, Tuturan Nonformal, SMP Negeri 3 Palu |