Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dalam Karangan Cerpen Siswa Kelas IX B MTs Negeri 1 Kota Palu
Nama: ASRIA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Asria, 2020. Analisis Kesalahan Pengunaan Tanda Baca Dalam Karangan Cerpen Siswa Kelas IX B MTs Negeri 1 Kota Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Syamsuddin, M.Hum. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk kesalahan dalam penulisan karangan cerpen siswa MTs Negeri 1 Kota Palu. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendekripsikan bentuk-bentuk kesalahan tanda baca apa saja yang terdapat dalam penulisan karangan cerpen siswa MTs Negeri 1 Kota Palu. dan untuk mengdekripsikan Penelitian ini bermanfaat bagi pembaca secara teoretis dan praktis. Sumber data dari penelitian ini adalah Tugas Karangan Cerpen Siswa MTs Negeri 1 Kota Palu dan objek penelitian ini dikhususkan dikelas IX B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik teks, Teknik Wawancara, membaca seluruh tugas cerpen siswa yang dijadikan objek, menganalisis tanda baca yang digunakan dan menentukan kesalahan penulis tanda baca yang paling dominan pada tugas harian siswa. Kesimpulan penelitian ini, kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan cerpen siswa di MTs Negeri 1 Kota Palu masih ditemukan kesalahan dalam penggunaan 1). tanda titik 13, 2). tanda koma 5, 3). tanda penghubung 7, 4). tanda Tanya 2 dan 5). tanda petik dua 1. Peyebab dari kesalahan penggunaan tanda baca ada pada guru dan siswa yang kurang memperhatikan setiap kesalahan yang ada terutama dalam kesalahan penggunaan tanda baca. Kata kunci: Tanda Baca;Karangan Cerpen Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up