JudulPENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 5 SDN INPRES 3 TATURA |
Nama: AYU APRILIA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ayu Aprilia 2019. Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H. Laode Baisu, M.Pd. M,Si Permasalahan penelitian ini adalah penguasan kosakata seseorang bergantung pada kuantitas dan kualitas kosakata yang dimiliki.semakin banyak kosakata yang dimiliki maka semakin tinggi tingkat kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 5 SD Inpres 3 Tatura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penguasaan kosakata siswa seecara keseluruhan mempeoleh skor rata-rata 78 yang termakud dalam kategori sedang; (2) kemampuan membaca siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 75 yang termaksud dalam kategori sedang; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 3 SD Inpres 3 Tatura sebesar 16,59 (rhitung = 16,59 pada taraf signifikansi 5?ngan N = 23, rtabel = 0,33 dan rh>rt). berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 5 SD Inpres 3 Tatura. Kata kunci : Kosakata, Membaca, korelasi |