JudulANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA KEGIATAN BELAJAR MELALUI APLIKASI DARING SMP NEGERI 6 PALU : KAJIAN PRAGMATIK |
Nama: IRNAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Irnawati. 2023. Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa pada Kegiatan Belajar melalui Apliksi Daring SMP Negeri 6 Palu: Kajian Pragmatik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulinsa. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk dan fungsi Kesantunan Berbahasa Siswa pada Kegiatan Belajar melalui Apliksi Daring SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi Kesantunan Berbahasa Siswa pada Kegiatan Belajar Melalui Apliksi Daring SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif meliputi pengumpulan data, analisis data, reduksi data dan penyajian data. Penelitian menemukan beberapa data kesantunan berbahasa siswa pada kegiatan belajar melalui apliksi daring SMP Negeri 6 Palu yaitu (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim penghargaan, (4) maksim kesederhanaan, (5) maksim pemufakatan, (6) maksim simpati, fungsi kesantunan berbahasa meliputi (1) representatife, (2) direktif, (3) ekspresif, (4) komisif dan (5) deklarasi. Kata kunci: Kesantunan, berbahasa siswa, belajar melalui aplikasi daring |