JudulKemampuan Menggunakan Kata Penghubung Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Parigi |
Nama: SITI ANI RAHMAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Siti Ani Rahmawati, 2020. Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Parigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Syamsuddin. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Parigi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menggunakan kata penghubung pada karangan narasi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Parigi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menggunakan kata penghubung pada karangan narasi siswa kelas VII MTs Negeri 1 Parigi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu: observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII MTs Negeri 1 Parigi. Data kemampuan siswa yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus: M = ?FX/N Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) di kelas VII MTs Negeri 1 Parigi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 63. Hasil dari penelitian ini telah diperoleh nilai rata-rata siswa dalam menggunakan kata penghubung pada karangan narasi yaitu 91. Sehingga peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa siswa kelas VII MTs Negeri 1 Parigi dinyatakan mampu menggunakan kata penghubung pada karangan narasi. Kata Kunci: Kata Penghubung, Karangan Narasi. |