JudulKEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAUSU DALAM MEMBACA TEKS BERITA |
Nama: IDA YANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ida Yanti, 2019. Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sausu Membaca Teks Berita. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Saharudin Barasandji, pembahas (I) Laode Baisu, pembahas (II) Syamsuddin. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sausu membaca teks berita? Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sausu membaca teks berita. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes membaca teks berita. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang meliputi dua tahap yaitu: (I) teknik pengumpulan data, (2) teknik analisis data. Data yang diperoleh dari hasil evaluasi membaca teks berita siswa kelas VIII diperoleh kriteria nilai tertinggi 95 sedangkan nilai terendah 76. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sausu adalah 81,60. Maka siswa kelas VIII SMP negeri 2 Sausu dikategorikan sudah berhasil karena sudah mampu membaca teks berita. Hasil diatas menunjukkan bahwa pembelajaran membaca teks berita siswa SMP Negeri 2 Sausu berhasil dengan baik dan telah melampaui target kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Kata kunci : Kemampuan, Membaca, Teks, Berita |