JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAMBALAMOTU |
Nama: DEFTARIANA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Deftariana, 2019. Kemampuan Menulis Teks Berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bambalamotu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Pratama Bayu Santosa. Penelitian ini bermula dari permasalahan bagaimanakah kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 bambalamotu, untuk berdasarkan masalah tersebut yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita siswa SMP Negeri 2 Bambalamotu. Metode yang digunakan adalah deskriptif yang meliputi 3 tahap yaitu: (10) tahap pengumpulan data, (2) tahap analisis data, (3) hasil analisis data yang diperoleh berasal dari hasil menulis teks berita siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil evaluasi kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII bahwa nilai perolehan siswa yang tertinggi adalah 80, sedangkan yang terendah adalah 30. Dengan melihat hasil perolehan evaluasi siswa diketahui bahwa yang mendapat nilai 30 sebanyak 5 siswa atau 11,1 %, yang mendapat nilai 35 sebanyak 1 siswa atau 2,2 % , yang mendapat nilai 40 sebanyak 4 siswa 9%, yang mendapat nilai 45 sebanyak 1 siswa atau 2,2 %, yang mendapat nilai 50 sebanyak 5 siswa atau 11,1%, yang mendapat nilai 55 sebanyak 3 siswa atau 6,7%, yang mendapat nilai 60 sebanyak 2 siswa atau 4,5%, yang mendapat nilai 65 sebanyak 5 siswa atau 11,1%, yang mendapat nilai 70 sebanyak 5 siswa atau 11,1%, yang mendapat nilai 75 sebanyak 7 siswa atau 15,5%, yang mendapat nilai 80 sebanyak 7 siswa atau 15,5%. Jadi dapat disimpulkan nilai tertinggi yaitu 80 dan nilai terendah 30, dan jumlah siswa yang tuntas yaitu 13 siswa dari 45 siswa dan yang tidak tuntas berjumlah 32 siswa dari 45 siswa. maka kelas VIII SMP Negeri 2 Bambalamotu dikategorikan belum berhasil karena belum mencapai nilai 75. Kata kunci : Kemampuan Menulis dan Hasil Evaluasi Menulis Teks Berita. |