JudulKEMAMPUAN MEMBEDAKAN SINGKATAN DAN AKRONIM SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 DAMPELAS |
Nama: NI NYOMAN SINTA WIRANTI |
Tahun: 2019 |
Abstrak KEMAMPUAN MEMBEDAKAN SINGKATAN DAN AKRONIM SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 DAMPELAS Ni Nyoman Sinta Wiranti1; Dr. Gusti Ketut Alit Suputra, M.Hum2 1Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tadulako 2Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tadulako ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membedakan singkatan dan akronim.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 6 Dampelas, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.Data diperoleh dari instrumen tes evaluasi, lembar observasi pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dari hasil perhitungan skor nilai dan disesuaikan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 80 maka hasil penelitian adalah tuntas dengan diperoleh nilai rata-rata 87. Dari jumlah siswa 30 orang dan empat orang tidak tuntas, sehingga dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membedakan singkatan dan akronim siswa kelas IX SMP Negeri 6 Dampelas dengan metode evaluasi dinyatakan tuntas karena telah mencapai Kriteria Ketuntasan Ideal (KKI) yang telah ditetapkan yakni 75?n hasil KKI yang diperoleh yaitu 86,6%. Kata Kunci: Kemampuan siswa, Singkatan dan Akronim |