JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOJOL |
Nama: NUR FADILAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nur Fadilah, 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Unsur Intrinsik Naskah Drama Kelas VIII SMP Negeri 2 Sojol. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Gazali. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jenis rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Menggunakan rancangan prates-pascates yang tidak Ekuivalen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sojol dan untuk menentukan sampel pada penelitian ini digunakan tekhnik Purposive sampling, kelas yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sementara kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik observasi dan pemberian soal pre-test dan post-test 10 butir soal, Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 dan angka signifikan yang diperoleh adalah P = 0.01 (p < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Sojol. Hasil uji normalitas data kelas eksperimen sig. 0,200 ?0,05 dan kelompok kontrol sig. 0,186?0,05 dengan demikian sebaran data berdistribusi normal. Oleh karena itu disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa indonesia di SMP Negeri 2 Sojol untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri khususnya pada materi unsur intrinsik naskah drama karena terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran inkuiri, hasil belajar. |