JudulKemampuan Membedakan Sinonim Dan Antonim Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Banawa. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. |
Nama: GLADYS LEONY PRATIWI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Gladys Leony Pratiwi, 2019. Kemampuan Membedakan Sinonim Dan Antonim Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Banawa. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing, Syamsuddin. Kata Kunci : Kemampuan siswa, Sinonim, Antonim dan Karangan Narasi Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membedakan sinonim dan antonim pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membedakan sinonim dan antonim pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Banawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertamanya yakni siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Banawa yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Analisi data dalam penelitian ini adalah menganalisis semua data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Banawa sudah mampu membedakan sinonim dan antonim pada karangan narasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa yaitu 75 telah mencapai bahkan melebihi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70. |