JudulKEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 5 MODEL PALU |
Nama: SELFIRAH RIZKA ANANDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK . Permasalahan dalam Penelitian ini adalah Bagaimana Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Model Palu? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Model Palu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif yang berupa angka-angka dalam proses penilaian. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Model Palu dengan jumlah siswa 25 orang siswa, yakni 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tugas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan lima aspek yang diamati yaitu judul, identifikasi, deskripsi, penggunaan bahasa, dan penutup. Data yang diperoleh dari hasil penilaian Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Model Palu yang memperoleh nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 50. Dari hasil penilaian yang telah dilaksanakan aspek judul mencapai rata-rata 81, aspek identifikasi mencapai rata-rata 83, aspek deskripsi mencapai rata-rata 73, aspek penggunaan bahasa mencapai rata-rata 79, dan aspek penutup mencapai rata-rata 67. Secara keseluruhan kelima aspek penilaian tersebut mencapai rata-rata 76,6. sehingga siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Model Palu dikategorikan tuntas dalam menulis teks deskripsi karena melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Adapun nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah adalah 75. Hasil di atas menunjukkan bahwa Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 5 Model Palu mencapai kualifikasi baik. Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks deskripsi, siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. |