Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeningkatan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Tojo Dengan Menggunakan Metode Ekstemporan
Nama: NURFAHMI SAYOPO
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Nurfahmi Sayopo (2020). Peningkatan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Tojo dengan Menggunakan Metode Ekstemporan. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Pratama Bayu Santosa Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Tojo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode ekstemporan ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Tojo menggunakan salah satu metode dalam berpidato yakni metode ekstemporan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode ekstemporan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 60?n daya serap klasikal 68,32% menjadi 84% untuk ketuntasan belajar siswa dan 79,66% untuk daya serap klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,91?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 85,41?ngan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 60,71?ngan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 82,14?ngan kategori baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Berpidato Menggunakan Metode Ekstemporan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up