JudulKEMAMPUAN MENGANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NUSRA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Nusra, 2019. Kemampuan Menganalisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu; Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Moh. Tahir. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menganalisis kesalahan berbahasa dalam teks eksposisi dan apa yang mempengaruhi kurangnya pemahaman mengenai kaidah kebahasaan siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah siswa dapat mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam teks eksposisi dan mengetahui faktor penyebab kurangnya pemahaman mengenai kaidah kebahasaan siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Palu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu dalam menganalisis kesalahan berbahasa masih sangat kurang. Terbukti dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 orang dari 33 siswa dengan nilai rata-rata sebesar 53,18 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 6,06?ngan KKM 70. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kemampuan menganalisis kesalahan berbahasa siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu yaitu (1) faktor siswa, Bahasa daerah dan bahasa yang digunakan sehari-hari masih jauh dari bahasa Indonesia yang benar dan masih sering menyalahi aturan kaidah kebahasaan, (2) faktor guru, guru di SMA Negeri 5 Palu telah melakukan tugasnya dengan baik dalam proses belajar mengajar, namun masih kurang memperhatikan kesalahan berbahasa yang dituturkan baik dari siswa maupun dari guru itu sendiri, dan (3) Faktor sarana dan prasarana, SMA Negeri 5 Palu telah difasilitasi dengan perpustakaan dan buku yang memadai, namun minat belajar siswa yang masih kurang. Kata kunci: Kemampuan Menganalisis, Kesalahan Berbahasa, Teks Eksposisi |