Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKEMAMPUAN MEMBEDAKAN HOMONIM DAN POLISEMI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA BOU
Nama: SRI HIDAYANTI
Tahun: 2019
Abstrak
KEMAMPUAN MEMBEDAKAN HOMONIM DAN POLISEMI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA BOU Sri Hidayanti1 ; Dr. Moh. Tahir, M. Hum2 1 Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tadulako 2 Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tadulako ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membedakan homonim dan polisemi mealui metode pemberian tugas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Bou, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari instrumen tes pemberian tugas, lembar observasi pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Nilai yang diperoleh siswa perindividu yaitu nilai rata-ratanya 75,4 apabila disesuaikan dengan indikator ketuntasan secara individual yang dijadikan acuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perolehan nilai secara individual dinyatakan belum tuntas, karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dijadikan patokan yakni nilai 80. 2). Berdasarkan data nilai keberhasilan secara klasikal, dapat dilihat bahwa hasil yang diperoleh yaitu banyaknya siswa yang tuntas 16 orang dari jumlah siswa 33 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 49%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membedakan homonim dan polisemi melalui metode pemberian tugas siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Bou belum tuntas karena tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Ideal (KKI) yang telah ditetapkan yakni 75%. Kata kunci: Kemampuan Siswa; Homonim; Polisemi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up