Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE SQ3R DALAM MEMBACA CERITA ANAK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PALU
Nama: FANY RAHMASARI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Fany Rahmasari, 2019. Penerapan Metode SQ3R dalam Membaca Cerita Anak pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palu; Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Yunidar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode SQ3R dalam membaca cerita anak pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu dan bagaimana hasil penerapan metode SQ3R dalam membaca cerita anak pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R dalam membaca cerita anak pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu dan mendeskripsikan hasil penerapan metode SQ3R dalam membaca cerita anak pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalaha : 1) Observasi, 2) wawancara, 3) evaluasi dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa membaca cerita anak baik. Terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas XI IPA 4 yaitu 77 dikategorikan baik sesuai dengan KKM sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas XI IPS 2 yaitu 74 dikategorikan baik namun belum sesuai KKM yang ditentukan. Demikian pula hasil presentase rata-rata pada siswa kelas XI IPA 4 yaitu 97,02 %, hal ini mengalami peningkatan pada pemahaman siswa dalam membaca cerita anak dan hasil presentase rata-rata yang diperoleh siswa kelas XI IPS 2 yaitu 96,62 % hal ini mengalami peningkatan pula pada pemahaman siswa dalam membaca cerita anak. Namun, pada penerapan metode SQ3R ini pada siswa kelas XI IPA 4 mengalam kesulitan pada tahap read. Pada tahap read siswa sangat kesulitan karena pada tahap read siswa diberikan waktu membaca sangat singkat berbeda dengan siswa kelas XI IPS 2 siswa mengalami kesulitan pada tahap review terbukti pada saat merangkum kembali bacaan bahwa siswa kelas XI IPS 2 merangkum menggunakan catatan, namun kesulitan tersebut siswa dapat mengatasinya. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R sangat efektif diterapkan dalam membaca cerita anak pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Metode SQ3R, Membaca Cerita Anak,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up