JudulANALISIS PENGGUNAAN RAGAM BAHASA DALAM PENULISAN TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MODEL PALU |
Nama: EDI IMAM SUTRISNO |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Edi Imam Sutrisno, 2019. Analisis Penggunaan Ragam Bahasa dalam Penulisan Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Model Palu. Seminar hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Ulinsa, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) jenis ragam bahasa apa yang digunakan dalam penulisan teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Model Palu dan (2) apa fungsi ragam bahasa dalam penulisan teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis ragam bahasa dan (2) mendeskripsikan fungsi ragam bahasa dalam penulisan teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Model Palu. Sumber data diperoleh dengan cara pemberian tugas kepada para siswa, yaitu menulis teks iklan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup 4 tahap, yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Model Palu yaitu (1) ragam usaha (2) ragam santai (3) ragam resmi (4) ragam jurnalistik dan (5) ragam kedokteran. Adapun fungsi ragam bahasa yang ditemukan dari hasil penelitian terdiri atas (1) fungsi persuasif dan (2) fungsi bertanya. Kata Kunci : Analisis, Ragam Bahasa, Teks Iklan |