Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKemampuan Menyimpulkan Isi Berita Yang Dibacakan Menggunakan Metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Model Palu
Nama: MIRWAN R. HOROP
Tahun: 2019
Abstrak
Mirwan R. Horop, (2019). Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita yang Dibacakan Menggunakan Metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Model Palu, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Moh. Tahir, M.Hum. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan menggunakan metode Think-Pair-Share siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoretis maupun praktis bagi siswa dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sesuai dengan pokok permasalahannya, penelitian ini tidak hanya berhenti pada tingkat pengumpulan data saja, tetapi juga pengolahan dan analisis data. Metode ini juga sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yakni untuk mengetahui informasi tentang kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan menggunakan metode Think-Pair-Share siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Model Palu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan menggunakan metode Think-Pair-Share siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Model Palu tahun ajaran 2019/2020 berkategori kurang baik dengan nilai rata-rata 56,13 lebih rendah dari nilai KKM yang telah ditentukan yakni 75. Jika dilihat dari aspek ketuntasan belajar secara klasikal, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 19,98% yakni dari 26 siswa hanya terdapat 5 siswa yang memperoleh nilai tuntas, sedangkan 21 siswa mendapat nilai kurang dari 75. Kata kunci : Menyimpulkan, isi berita, Metode Think-Pair-Share

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up