JudulKEMAMPUAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH TOLAI |
Nama: RISKA MARDANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Riska Mardani. 2020. Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah As’adiyah Tolai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Moh. Tahir, M. Hum Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis resensi siswa kelas XI Madrasah As’adiyah Tolai. Berdasarkan aspek data buku, pembukaan, tubuh resensi dan penutup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis resensi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah As’adiyah Tolai. Berdasarkan penelitian dapat dikemukakan bahwa kemampuan siswa dalam menulis resensi dari aspek data buku sebanyak 17,66, kemampuan siswa dalam menulis resensi dari aspek pembukaan sebanyak 24,33, kemampuan siswa dalam menulis resensi dari aspek tubuh resensi sebanyak 31,11 dan kemampuan siswa dalam menulis resensi dari aspek penutup sebanyak 6,66. Disimpulkan bahwa kemampuan menulis resensi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah As’adiyah Tolai secara keseluruhan berada pada predikat baik dengan nilai rata-rata 79,77 dan dapat dikatakan sudah mampu dalam menulis resensi. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Resensi, Siswa |